Visi

”Sebagai pusat pelaksana kegiatan akademik dan pengembangan IPTEK bertaraf internasional dalam bidang perekayasaan lingkungan, potensi genetik dan fisiologi sumberdaya nabati untuk mendukung pertanian berkelanjutan”.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan akademik dan profesional yang berkualitas di bidang pengelolaan sumberdaya nabati,
  2. Melaksanakan penelitian rekayasa lingkungan, potensi genetik dan fisiologi sumberdaya nabati serta pengembangan dan penyerbarluasannya untuk mendukung pertanian berkelanjutan dan kelestarian lingkungan, dan
  3. Melakukan pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

Tujuan utama Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH) adalah

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mempunyai kemampuan mengelola sumberdaya nabati secara berkelanjutan, dan
  2. Menghasilkan IPTEK di bidang perekayasaan lingkungan, potensi genetik dan fisiologi untuk mendukung pembangunan nasional dan kesejahteraaan masyarakat.

Keunggulan

Departemen AGH memiliki keunggulan dibandingkan perguruan tinggi lain karena memiliki 3 pilar yang kuat dalam bidang hortikultura, pemuliaan dan teknologi benih, dan agronomi, yang pada saat ini menjadi rujukan nasional. Ketiga bidang tersebut juga menjadi penentu pendapat bagi pengembangan kurikulum di perguruan tinggi lain.

Departemen AGH juga secara aktif terlibat dalam penyusunan kebijakan dan peraturan perundangan bidang pertanian. Departemen AGH adalah satu-satunya departemen di IPB yang menggeluti bidang budidaya tanaman secara luas.

Lain-lain

[link] Daftar Nama Mahasiswa Dept. AGH Angkatan 46 (2009)

[link]Daftar Nama Mahasiswa Dept. AGH Angkatan 47 (2010)